Sinar-X & Sinar Gamma

Pada dasarnya sinar-x dan sinar gamma itu adalah identik, yaitu berupa radiasi elektromagnetik (berupa foton). Namun keduanya dibedakan berdasarkan asalnya, pada sinar-x asal radiasi (foton) berasal dari eksitasi elektron yaitu terlepasnya elektron dari kulit terluar atom (transisi elektron diluar nukleus). Sedangkan pada sinar gamma, asal radiasi (foton) berasal dari reaksi inti, berupa terlepasnya inti atom dari atomnya sehingga kekurangan proton (emisi/pancaran dari inti atom yang tidak stabil). Sinar gamma termasuk radiasi radioaktif karena timbul dari atom-atom radioaktif saja.

Keunggulan dari sinar-x maupun sinar gamma yaitu memiliki daya tembus yang tinggi, selain itu kedua sinar ini bisa dikatakan netral atau tidak bermuatan, sehingga tidak dapat dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet (magnet dan listrik tidak dapat mempengaruhi).

Kekurangannya, karena memiliki daya tembus besar maka energi yang dimilikinya juga besar, sehingga sangat berbahaya terhadap tubuh manusia apabila terpapar radiasi ini, dimana organ tubuh manusia mampu ditembus oleh radiasi ini, sedang kita tahu bahwa organ dalam manusia lebih lemah daripada kulit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s